Analis Cerita dengan Teori TZEVETAN TODORROV
ANALISIS CERITA OI WOBO
VERSI KECAMATAN BELO
(KAJIAN STRUKTURAL TZEVETAN TODORROV)
Oleh
ARI WIBOWO
NIM 1414015080
Sastra Indonesia/2B
FAKULTAS ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS MULAWARMAN
SAMARINDA
2015
KATA
PENGANTAR
Puji syukur senantiasa penulis
ucapkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa berkat rahmat dan hidayahnya,
sehingga makalah yang berjudul “Analisis cerita Oi Wobo” ini dapat diselesaikan
dengan baik dan tepat pada waktunya, guna memenuhi tugasakhir mata kuliah “Tradisi
Sastra Nusantara”
Makalah
ini dibuat dengan harapan agar yang membaca mendapatkan ilmu yang bermanfaat
serta membuka wawasan pembaca tentang analisis dari cerita rakyat itu sendiri.
Semoga makalah ini dapat
menambah pengetahuan kita, khususnya selaku penulis, penulis
sadar dalam makalah ini masih banyak kekurangan dalam hal isi maupun penulisan,
untuk itu penulis sampaikan maaf yang sebesar besarnya dan mengharapkan kritik
dan saran yang dapat membangun untuk penyusunan makalah kedepannya. Akhir kata
penulis ucapkan terima kasih.
Samarinda, 21 Mei 2015
Penulis
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Cerita adalah suatu rekaman
sejarah yang sangat banyak mengandung nilai-nilai moral dan amanat yang sangat
bermanfaat sebagai guru yang membimbing kita untuk kedepan. Tentu saja untuk
mengetahui apa isi kandungan cerita tersebut kita harus pandai menganalisis
agar makna dari cerita sejalan dengan hasil analisis kita.
Dewasa ini telah diberikan kemudahan untuk
menganalisis cerita ataupun karya sastra lainnya, seperti telah hadirnya teori konsep strukturalisme naratologi.
Dalam teori naratologi ini, banyak
muncul beberapa nama tokoh, seperti A.J. Greimas, Tzvetan Todorov, Vladimir Propp, Levi
Strauss, dan beberapa lainnya.
Untuk menganalisis
cerita rakyat dari Bima yang berjudul “Oi Wobo” ini, akan digunakan teori
naratologi Tzvetan Todorov,
karena ceritai ini cukup mudah dimengerti. Cerita ini alurnya adalah alur maju,
dimana dimulai dari keinginan pangeran untuk berpetualang menjelajahi seluruh
dunia terutama untuk melihat terbitnya matahari, ia berpetualang dengan
ditemani oleh prajurit setianya, sampai mereka berhasil menjumpai apa yang
menjadi tujuan utama meraka.
Dalam naratologi
Tzvetan Todorov, terdapat tiga tahap yang akan digunakan dalam menganalisis
cerita atau karya sastra, yaitu; aspek sintaksi, aspek semantik, dan aspek
verbal. Jika tepat proses menganalisis dengan ketiga aspek ini, dapatlah
dirunut hasil yang sekiranya sangat bermanfaat.
1.2. Rumusan Masalah
Dalam penulisan makalah ini dapat dirunut beberapa alur
penganalisisan cerita Oi Wobo ini yaitu sebagai berikut:
1.2.1.
bagaimana terjemahan secara harfiah dalam cerita Oi Wobo?
1.2.2.
seperti apakah terjemahan sesuai tata bahasa dalam cerita Oi Wobo?
1.2.3.
bagaimana proses analisis cerita Oi Wobo?
1.2.4.
apakah nilai yang dapat di ambil dari cerita Oi Wobo?
1.3. Tujuan Penulisan
Dalam penulisan makalah ini dapat
dirunut beberapa harapan dan tujuan penulis dari cerita Oi Wobo ini yaitu
sebagai berikut:
1.3.1.
mengetahui terjemahan secara harfiah dalam cerita Oi Wobo
1.3.2.
mengetahui terjemahan sesuai tata bahasa dalam cerita Oi Wobo
1.3.3.
mengetahui proses analisis cerita Oi Wobo
1.3.4.
mengetahui nilai yang dapat di ambil dari cerita Oi Wobo
BAB 2
HASIL DAN
PEMBAHASAN
2.1. Traskripsi Hasil Wawancara
Judul: Oi wobo
Daerah: Bima
Responden: Titian Endang
Wara ku ntoin de, ana sangaji mbojo ma
ne’e lao loja, sia na ne’e eda sara’a dunia. Moti ma na’e naru wa,ur lao heko
ba siaTampu’u ta do, rongga na ta da
ntuki lalo na ta di wau ra lao kai na, pala sia wati pu nggori nia na di ma lao
loja heko dunia, ede para lao dula mbali sia aka uma ama na, uma ma gaga poda,
sia raho do’a aka ama na, loa kiri salama lampa ra lao na,
“ma ne’e lao lampa wali ana ro?” sodi mu
sangaji,
“iyo ama, mada ne’e lao lampa wali ke,
mada raho do’a ta ita salama taho ra ncai ru’u mada ke” cambe ba ana sangaji.
“iyo nahu ngge’e mpa raho ku do’a ru’u
ngomi ana, tabe be lao kai mu, ngge’e mpa raho ku do’a” nggahi sangaji
“De tabe wali ku lao lampa kai mu ana”
sodi sangaji
“Lao lampa la ele ama, mada ne’e lao tio
liro ma wontu ta ele, wa’u ra eda mu mada nci’i kai liro ta di” cambe ana
sangaji
Edepa ra, ana sangaji raho na weki ru’u
sadia osu ra sara’a di wa’a na kade’e sidi sidi nais. Sidi sidi ana sangaji
labo ana bua na, lao lampa tiri na wontu kai liro. Labo wa’a na osu ma ncihi
ru’u ade lampa ra lao kai na.ta ncai ra lampa kai na, mboto doro ma dese labo
nanga ma dei di kalalo ma sia doho, labo mboto binata ma ne’e na hako ade lampa
ra lao na. sawatipu lao la ele na, ru’u lao tio wontu kai liro, sia doho lao
tiri na doro ma dese poda,
“kombi loa pa eda wontu liro ta ese aka”
nggahi ana sangaji.
“Iyo be ru nggahi ita, tabe lao kaita
ngge’e pa batu mu mada doho” cambe ma ana bua na. Mboto poda doro ma dese di
kalalo ma sia doho, mboto wali binata ma ne’e na hako, pala ana sangaji wati ntau na dahu, ba
ne’e na eda wontu kai liro de. Ntoi ra
teka ra londo na doro ma dese, ede pa ra
rongga lalo na sia ese wawo doro dese
poda. Doro ra rongga kai na re, doro lambitu ku ngara na. Ta wawo doro
ede, sia doho maru na. loko ma hido ntoi ru da ngaha na, alum osu ra wa’a na wau ru mpoi. “mada raho kangampu,
osu ra wa,a ndai ntoin de wa’u ra mpoi, de au ku ra di ngaha ndai ke?” sodi ana
mori “wi’ira, ntene mpa rumpa ta di ngaha ndai pede” cambe ana sangaji, Ede pa
ra, wontu lalo taroa bura ma tanggiri kai mada ta ele ka, tu’u lalo ana sangaji labo ana bua na. tio depa ma sia doho
sampe rungka lalo warna ndadi warna kala.
“ ake liro ra ngupa ma ndai de ni, ake
taho wontu liro ra da pernah eda ma ndai aka uma ta. Ake tanda kuasa ruma”
nggahi ana sangaji
“iyo, pahu na,e na kuasa ruma” cambe ana
mori
Ede pa ra lao dula sia
doho, rongga lalo na ta doro ma nggari
fu,u haju lao ku mboto wua na. ede para kau ma
ana sangaji sanawa ana bua na ta hidi ede, ndende wali, wontu ra hido
loko ma ipi poda, sara’a ana bua na
waura mapu. sara’a sarenga lalo na ta wombo fu’u haju. Ngau pa ana sangaji,
anca ma sia fu,u haju labo tenaga sa ma
dawara wea, kauna ngaha ana bua na. pala
ana bua na mango wali wo’o na. ede para kau weha ma sai tako haju wadu ra dana ta kompe nduku na
kai wobo kande, losa lalo mada oi ma na’e, mada oi ma losa kande tangara kai
lalo oi wobo. Gaga poda doro ede, edepara nge’e lalo sia doho ta
ede. Tu,u na uma ngge,e na ta doro ede.
2.2. Terjemahan Hasil Wawancara
Perkaman dari Responden Cerita
Oi Wobo ini menggunakan bahasa Bima, oleh karena itu akan dilakukan dua proses
terjemahan yaitu terjemahan secara harfiah dan terjemahan sesuai tata bahasa
Indonesia, berikut terjemahan hasil wawancara:
2.2.1. Terjemahan Bahasa Indonesis Secara Harfiah
Ada dulu tuh, anak raja
Bima yang ingin pergi jalan, yang ingin lihat semua dunia. Laut yang luas serta
panjang sudah dikelilingi oleh dia. Mulai dari selatan sampai ke selatan
kemudian ke barat telah ia pergi, tapi dia belum selesai niatnya untukpergi
jalan kelilingi dunia,
kemudian dia pulang balik ke rumah ayahnya, rumah yang bagus, dia minta do’a
sama ayahnya, bisa selamat jalan dan perginya yang ingin pergi jalan lagi
anakku?” Tanya raja
Iya ayah, saya ingin
pergi jalan lagi ini, saya minta do’a pada anda selamat baik dan jalan untuk
saya ini” dijawab anak raja
Iya aku tinggal minta
do’a untuk kamu anak, dimana pergi kamu, tinggal minta ku do’a” kata raja
“terus dimana lagi kamu
pergi jalan anak” Tanya raja
“pergi jalan ke timur
ayah, saya ingin pergi lihat terbit matahari di timur, sudah lihat saya
terbenam matahari di barat” jawab anak raja
Kemudian, anak raja
minta tubuh untuk siapkan bekal dan semua dibawa dia saat pagi pagi besok.
Pagi pagi anak raja dan
prajuritnya, pergi jalan kea arah munculnya matahari. Dan bawanya bekal yang
cukup untuk dalam jalan serta perginya. Dijalan untuk jalannya, banyak gunung
yang tinggi dan sungai yang dalam untuk lewati mereka, dan banyak binatang yang
ingin ganggu dalam jalan serta perginya. Sebelum pergi timurnya, untuk pergi
lihat muncul matahari, mereka pergi kea rah gunung yang tinggi benar
“mungkin bisa lihat
muncul matahri diatas sana” kata anak raja
“iya mana saja kata
anda, dimana pergi anda, tetap ikut kami” jawab prajuritnya
Banyak benar gunung
untuk lewati mereka, banyak lagi binatang yang ingin ganggu, tapi anak raja
tidak punya takut, cuman ingin lihat munculnya matahari. Lama manjat serta
turun gunung yang tinggi, kemudian sampailah merka atas puncak gunung tinggi
benar. Gunug yang sampainya itu, gunung lambitu namanya. Dipuncak gunung itu,
mereka tidur. Perut yang lapar lama tidak makan, karena bekal yang bawa sudah
habis.
“saya minta ampun,
bekal yang bawa kita dulu sudah habis,
terus apa untuk makan kita ini?”Tanya prajurit
“simpan, tetap jumpa
untuk makan kita nanti” jawab anak raja,
Kemudian, muncul sudah
sianar putih yang silau bikin mata di timur, bangun sudah Anak Raja dan
prajuritnya. Lihat sudah terus yang mereka sampai berubah diri warna jadi warna
merah
“ini matahari oleh cari
kita tuh, ini baik muncul matahari yang tidak pernah lihat oleh kita di rumah.
Ini tanda kuasa Tuhan” kata anak raja
“iya, betapa besarnya
kuasa Tuhan” jawab prajurit
Kemudian
pulag sudah mereka, sampai telah di gunung yang rindang pohondan banyak
buahnya. Kemudian disuruh anak raja israhat prajurit di tempat itu. Begitu
lagi, muncul lagi lapar perut yang parah benar, semua prajurit sudah lemah.
Semua telentang sudahnya dibawah pohon.
Hebat anak raja, goyangkan oleh dia pohon dengan tenaganya yang tidak ada lagi,
jatuhlah buah pohn itu, disuruhnya makan prajuritnya. tapi prajuritnya haus
lagi lehernya. Kemudian dia mengamambil tongkat. Batu serta tanah didekat
dipukul pakai tongkat tadi, keluar telah air yang besar, mata air tadi
dinamakan dengan oi wobo. Karena melihat keindahan dan sumber daya alam yang
ada pada gunung itu niat untuk kembali pulang ke rumah telah hilang akhirnya
mereka memutuskan untuk tinggal di gunung itu.
2.2.2. Terjemahan Tata Bahasa
Indonesia
Alkisah pada zaman
dahulu, ada seorang pangeran dari Suku Bima yang ingin berpetualang menjelajahi
seluruh dunia, laut yang luas telah ia arungi. Mulai dari selatan sampai ke
utara kemudian ke barat telah ia jelajahi, namun niat dia untuk berpetualang mengelilingi
dunia belumlah selesai. kemudian kembalilah ia kerumah ayahnya, rumah yang
sangat bagus. Ia memohon do’a restu untuk keselamatan perjalanan kepada ayahnya.
“kamu ingin
berpetualang lagi anakku?” Tanya Raja
“iya ayah, saya ingin
berpetualang lagi, saya mohon do’a restumu untuk perjalanan ku ayah” jawab
pangeran
“Aku selalu mendoakanmu
anakku, kemanapun kamu pergi aku selalu mendoakanmu”
“kemana kamu akan
berpetualang anakku” Tanya Raja
“saya akan ke timur
ayah, saya ingin melihat terbitnya matahari ayah. Saya sudah melihat
terbenamnya matahari dibarat “ jawab pangeran
Kemudian pangeran
berpamitan untuk menyiapkan bekal dan semua keperluan didalm perjalanannya.
Pagi pagi pangeran
berserta prajuritnya pergi kearah munculnya matahri. Bekal yang cukup untuk
perjalanannya telah mereka siapkan. Terdapat gunung yan tinggi dan sungai yang
dalam untuk mereka lewati didalam perjalanan yang harus mereka tempuh, serta
banyak binatang buas yang mengganggu mereka. Sebelum ke arah timur, mereka
menuju ke sebuah gunung yang sangat tinggi.
“mungkin kita bisa
melihat terbinya matahari di atas sana” kata pangeran
“iya terserah apa yang
anda katakana, apapun perintah tuan, pasti kami ikuti” seru prajurit
Banyak sekali gunung
yang tinggiyang harus mereka lewati, semakin banyak lagi binatang yang ingin
mengganggu. Tapi pangeran sama sekali tidak memilki rasa takut, saking inginnya
melihat terbinya matahari. Telah lama mendaki dan menuruni gunung yang tinggi,
sampailah mereka dipuncak gunung yang sangat tinggi, gunung itu danamakan gunung
Lambitu. Dipuncak gunung itu merekapun tidur, namun masalahpun muncul
menghampiri mereka, para prajurit merasakan lapar, karena saudah lama tidak
makan, sebab bekal yang mereka bawa telah habis.
“saya mohon ampun,
bekal yang kta bawa sudah habis, apa yng harus kita makan tuan?”, Tanya
prajurit
“biarlah, kita tetap
akan menjumpai makanan nanti” jawab pangeran
Kemudian, muncullah
cahaya putih dari arah timur yang menyilaukan mata, pangernan dan prajurit pun
bangun, lama mereka menyaksikan cahaya itu, sampai berubah menjadi agak
kemerahan.
“inilah matahari yang
kita cari, inilah terbit matahari yang tidak pernah kita lihat didesa kita. Ini
tanda kebesaran tuhan” seru pangeran
“iya betapa besar kuasa
tuhan” jawab prajurit
Kemudian merka pulang, dan sampailah disuah gunung
yang sangat rindang dan buahnya pun banyak. Pangeran menyuruh prajuritnya untuk
istrahat ditempaat itu. Masalah besar pun menimpa mereka, rasa lapar yang
sangat menimpa prajurit, semua prajurit lemah tak berdaya dan mereka telentang
dibawah pohon. Hebatnya pangeran, digoyangkannya pohon itu dengan sisa
tenaganya. Jatuhlah pohon itu, dan prajuritpun memakan buah itu. Tidak sampai
disitu, rasa hauspun menimpa mereka lagi, kemudian pangeran mengambil tongkat,
dia memukul batu dan tanah yang berada disekelilingnya, dan keluarlah air yang
deras, mata air itu dinamakan dengan “Oi Wobo”, yang berarti mata air yang
berasal dari tongkat. Karena melihat keindahan dan sumber daya
alam yang ada pada gunung itu niat untuk kembali pulang ke rumah telah hilang
akhirnya mereka memutuskan untuk tinggal di gunung itu.
2.3. Analisis Struktural
Dalam
cerita rakyat Bima yang berjudul Oi Wobo ini, akan dianalisis menggunakan teori
structural Tzvetan Todorov, dimana ada beberapa aspek yang akan dianalisis
yaitu : : (1) aspek
sintaktik yang meliputi sekuen dan fungsi utama; (2) aspek semantis yang meliputi
tokoh dan latar; dan (3) aspek verba/pragmatis yang meliputi sudut pandang.
Berikut hasil analisis ketiga aspek tersebut:
2.3.1. Aspek Sintaktik
Didalam analisis aspek sintaktik dari
cerita rakyat Oi Wobo ini, akan dianalisis yang meliputi sekuen cerita dan
fungsi utama cerita.
a. sekuen cerita
1. Penggambaran
sikap dan keberanian Pangeran dari suku Bima
2. Keinginan
pangeran untuk berpetualang lagi
3. Pangeran
kembali kerumah ayahnya
4. Pangeran
meminta doa restu dari ayahnya
5. Pangeran
dan raja saling beromunikasi
6. Raja
mendoakan pangeran
7. Pangeran
berpamitan dari ayahnya
8. Pangeran menyiapkan bekal dan keperluan dalam
perjalanan
9. Pangeran
beserta prajurit berangkat menuju arah timur
10. Pangeran
dan prajurit melewati gunung yang tinggi dan sungai yang dalam
11. Banyak
binatang buas yang mengganggu perjalanan pangeran dan prajurit
12. Pangeran
dan praurit menuju gunung yang sangat tinggi
12.1
prajurit setuju mengikuti pangeran
13. Narasi
pangeran yang tidak memiliki rasa takut
14. Pangeran
dan prajurit sampai dipuncak gunung yang sangat tinggi
15. Pangeran
dan prajurit berisstahat dipuncak gunug
16. Pangeran
dan prajurit kehabisan bekal
17. Prajurit
merasa lapar
18. Pangeran
dan prajurit bangun dari tidur
19. Pangeran
dan prajurit menyaksikan cahaya putih yang menyilaukan mata
20. Pangeran
dan prajurit pulang
21. Pangeran
dan prajurit sampai digunung yang sangat rindang
22. Pangeran
menyuruh prajurit untuk istrahat
23. Prajurit
sangat merasa lapar
24. Prajurit
telentang dan lemasa dibawah pohong karena sangat lapar
25. Pangeran
menggoyangkan pohon hingga buah jatuh
26. Prajurit
memakan buah
27. Prajurit
merasa haus
28. Pangeran
mengambil tongkat
29. Pangeran
memukul batu dan tanah disekelilingnya
30. Niat
Pangeran dan prajurit untuk kembali ke rumah telah hilang
31. Pangeran
dan prajurit tinggal di gunung lambitu
b.
Fungsi Utama
berikut fungsi-fungsi
utama yang membawa dan menjalankan alur cerita
1. Pangeran
yang sangat menyukai berpetualang.
2. Pangeran
kembali kerumah untuk memimta doa restu untuk keselamatan dari ayahnya.
3. Pangeran
dan ayahnya berbicara.
4. Raja
berkata bahwa ia selalu memohon doa keselamatan untuk anaknya.
5. Pangeran
beserta prajuritnya pergi berpetualang kearah timur.
6. Pangeran
dan prajurit menuju gunung yang sangat tinggi.
7. Pangeran
sampai diatas puncak gunugn yang sangat tinggi.
8. Pangeran
dan prajurit menyaksikan cahaya dari timur yang menyilaukan mata.
9. Pangeran
dan prajurit menempuh jalan pulang kerumah.
10. Pangeran
dan prajurit sampai di ginung yang sangat ridang.
11. Prajurit
lemah dan tak berdaya karena sangat merasa lapar.
12. Pangeran
menolong prajurit dengan memberikan buah-buahan.
13. Prajurit merasa sangat haus karena telah makaan buah
yang banyak.
14. Pangeran memukul tanah dan batu disekitarnya,
sehingga keluarlah mata air.
15. Pangeran dan prajurit tinggal di gunung Lambitu.
2.3.2. Aspek Semantik
Dalam analisis aspek semantik cerita Oi Wobo ini, akan
digunakan dua proses analisis yaitu; tokoh dan latar, berikut sajian proses
analisis semantik:
a. Tokoh
tokoh adalah sosok penggerak didalam
sebuah cerita, tokoh mermiliki peran penting dalam cerita, dimana sosok tokoh
memiliki perannya masing-masing sesuai dengan sifat dan karakternya, berikut
analisis tokoh dalam cerita rakyat Oi Wobo;
1. Pangeran
Pangeran adalah sosok tokoh pemberani,
kuat, dan baik hati.
-
Pemberani,
dalam cerita ini, pangeran adalah sosok tokoh pemberani dimana ia melewati
semua rintangan yang mengahadang demi mencapai tujuannya, seperti dalam kutipan
cerita berikut;
Banyak sekali
gunung yang tinggiyang harus mereka lewati, semakin banyak lagi binatang yang
ingin mengganggu. Tapi pangeran sama sekali tidak memilki rasa takut, saking
inginnya melihat terbinya matahari.
-
Kuat, dalam
cerita ini, selain pemberani, ia juga adalh sosok yang kuat, dimana ia
diceritakan melewati gunung-gunung yang tinggi, dan juga pada saat prajurinya
lemah tak berdaya karena rasa lapar yang sangat, namun pangeran masih bisa
membantu prajuritnya dengan mennguyangkan pohon agar buah yang jatuh bisa
dimakan oleh prajurit, seperti dalam kutipan cerita berikut;
semua prajurit
lemah tak berdaya dan mereka telentang dibawah pohon. Hebatnya pangeran,
digoyangkannya pohon itu dengan sisa tenaganya. Jatuhlah pohon itu, dan
prajuritpun memakan buah itu.
-
Baik hati, dalam
cerita ini pangeran juga memiliki watak yang baik hati, dimana ia sangat
bersikap baik terhadap prajuritnya, dalam cerita ini dia membantu prajuritnya
walau ia juga sedang kesusahan. Sepeerti dalam kutipan cerita berikut;
digoyangkannya
pohon itu dengan sisa tenaganya. Jatuhlah pohon itu, dan prajuritpun memakan
buah itu. Tidak sampai disitu, rasa hauspun menimpa mereka lagi, kemudian
pangeran mengambil tongkat, dia memukul batu dan tanah yang berada
disekelilingnya, dan keluarlah air yang deras.
2.
Raja (ayah pangeran)
Raja (ayah pangeran) adalah sosok tokoh yang selalu
perhatian terhadap anaknya, dimana ia selalu mendoakan anaknya ketika anaknya
sedang dalam petualang, sesuai dalam kutipan cerita berikut;
“kamu ingin berpetualang lagi anakku?” Tanya Raja
“iya ayah, saya ingin berpetualang lagi, saya mohon
do’a restumu untuk perjalanan ku ayah” jawab pangeran
“Aku selalu mendoakanmu anakku, kemanapun kamu pergi
aku selalu mendoakanmu”
3. Prajurit
Didalam cerita ini,
prajurit digambarkan sebagai sosok tokoh yang berwatak setia terhadap
pemimpinnya, apapun dan kemanapun kehendak dari Pangeran akan selalu mereka
ikuti, seperti dalam kutipan cerita berikut;
Pagi pagi pangeran berserta prajuritnya pergi kearah
munculnya matahri. Bekal yang cukup untuk perjalanannya telah mereka siapkan.
Terdapat gunung yan tinggi dan sungai yang dalam untuk mereka lewati didalam
perjalanan yang harus mereka tempuh, serta banyak binatang buas yang mengganggu
mereka. Sebelum ke arah timur, mereka menuju ke sebuah gunung yang sangat
tinggi.
“mungkin kita bisa melihat terbinya matahari di atas
sana” kata pangeran
“iya terserah apa yang anda katakana, apapun
perintah tuan, pasti kami ikuti” seru prajurit.
b. Latar
Latar adalah penggambaran
suatu bentuk peristiwa diluar acting dari para tokoh, latar terbagi atas
beberapa bagian, yaitu latar tempat, latar waktu dimana pembaca akan mengetahui
diamana, dan kapan cerita itu berlangsung. Latar tempat dalam cerita Oi Wobo
ini yaitu di istana Kerajaan Bima, dimana ia kembali ke istana untuk memohon
doa restu untuk keselamatan dalam petualangannya. Dalam cerita ini selain di
Istana, ada juga tempat yang lain yaitu hutan dan gunung, dimana diceritakan petualangan
pangeran bersama prajuritnya, untuk
menemukan terbitnya matahari yang belum pernah meraka lihat, mereka melewati
gunung yang tinggi, dan ketika sampai, mereka beristirahat di gunung itu.
BAB 3
PENUTUP
3.1. Simpulan
Setelah dilakukan
penganalisisan Cerita rakyat Oi Wobo
yang berasal dari Bima ini, dapat tarik beberapa kesimpulan yaitu; Cerita
rakyat Oi wobo ini memiliki alur maju dimana cerita dimulaidari keinginan
pangeran untuk berpetualang menemukan terbitnya matahari kearah timur, sampai
cerita berakhir dengan berhasilnya pangeran menemukan apa yang dia cari. Cerita
rakyat Oi Wobo ini memiliki beberapa tokoh yaitu pangeran yang memiliki sifat
pemberani, kuat dan baik hati. Tokoh kedua yaitu ayah dari pangeran yang
memiliki sifat baik hati dan selalu perhatian terhadap anaknya. Tokoh ketiga
yaitu prajurit yang meiliki sifat setia terhadap majikannya.
Ada beberapa nilai yang dapat di petik dari cerita Oi
Wobo ini yaitu, pertama: siapa yang
bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan apa yang telah diushakan, kedua: dengan memiliki tekad yang kuat
terhadap sesuatu, tidak akan ada yang mampu menghalangi, gunungpun aka runtuh
jika memiliki tekad yang kuat seperti Pangeran didalam cerita rakyat ini.
Lampiran:]
Biodata
Responden
Nama :
TTL :
Alamat:
Komentar