Analis Cerita dengan Teori TZEVETAN TODORROV

ANALISIS CERITA OI WOBO
VERSI KECAMATAN BELO
(KAJIAN STRUKTURAL TZEVETAN TODORROV)




Oleh
ARI WIBOWO
NIM 1414015080
Sastra Indonesia/2B



FAKULTAS ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS MULAWARMAN
SAMARINDA
2015
KATA PENGANTAR
            Puji syukur senantiasa penulis ucapkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa berkat rahmat dan hidayahnya, sehingga makalah yang berjudul “Analisis cerita Oi Wobo” ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya, guna memenuhi tugasakhir  mata kuliah “Tradisi Sastra Nusantara
            Makalah ini dibuat dengan harapan agar yang membaca mendapatkan ilmu yang bermanfaat serta membuka wawasan pembaca tentang analisis dari cerita rakyat  itu sendiri.
            Semoga makalah ini  dapat menambah pengetahuan kita, khususnya selaku penulis, penulis sadar dalam makalah ini masih banyak kekurangan dalam hal isi maupun penulisan, untuk itu penulis sampaikan maaf yang sebesar besarnya dan mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun untuk penyusunan makalah kedepannya. Akhir kata penulis ucapkan terima kasih.




Samarinda, 21 Mei 2015

Penulis


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Cerita adalah suatu rekaman sejarah yang sangat banyak mengandung nilai-nilai moral dan amanat yang sangat bermanfaat sebagai guru yang membimbing kita untuk kedepan. Tentu saja untuk mengetahui apa isi kandungan cerita tersebut kita harus pandai menganalisis agar makna dari cerita sejalan dengan hasil analisis kita.
Dewasa  ini telah diberikan kemudahan untuk menganalisis cerita ataupun karya sastra lainnya, seperti telah hadirnya teori konsep strukturalisme naratologi. Dalam teori naratologi ini, banyak muncul beberapa nama tokoh, seperti A.J. Greimas,  Tzvetan Todorov, Vladimir Propp, Levi Strauss, dan beberapa lainnya.
Untuk menganalisis cerita rakyat dari Bima yang berjudul “Oi Wobo” ini, akan digunakan teori naratologi Tzvetan Todorov, karena ceritai ini cukup mudah dimengerti. Cerita ini alurnya adalah alur maju, dimana dimulai dari keinginan pangeran untuk berpetualang menjelajahi seluruh dunia terutama untuk melihat terbitnya matahari, ia berpetualang dengan ditemani oleh prajurit setianya, sampai mereka berhasil menjumpai apa yang menjadi tujuan utama meraka.
Dalam naratologi Tzvetan Todorov, terdapat tiga tahap yang akan digunakan dalam menganalisis cerita atau karya sastra, yaitu; aspek sintaksi, aspek semantik, dan aspek verbal. Jika tepat proses menganalisis dengan ketiga aspek ini, dapatlah dirunut hasil yang sekiranya sangat bermanfaat.






1.2. Rumusan Masalah
            Dalam penulisan makalah ini dapat dirunut beberapa alur penganalisisan cerita Oi Wobo ini yaitu sebagai berikut:
1.2.1. bagaimana terjemahan secara harfiah dalam cerita Oi Wobo?
1.2.2. seperti apakah terjemahan sesuai tata bahasa dalam cerita Oi Wobo?
1.2.3. bagaimana proses analisis cerita Oi Wobo?
1.2.4. apakah nilai yang dapat di ambil dari cerita Oi Wobo?

1.3. Tujuan Penulisan
           Dalam penulisan makalah ini dapat dirunut beberapa harapan dan tujuan penulis dari cerita Oi Wobo ini yaitu sebagai berikut:
1.3.1. mengetahui terjemahan secara harfiah dalam cerita Oi Wobo
1.3.2. mengetahui terjemahan sesuai tata bahasa dalam cerita Oi Wobo
1.3.3. mengetahui proses analisis cerita Oi Wobo
1.3.4. mengetahui nilai yang dapat di ambil dari cerita Oi Wobo




BAB 2
HASIL DAN PEMBAHASAN

2.1. Traskripsi Hasil Wawancara
Judul: Oi wobo
Daerah: Bima
Responden: Titian Endang

Wara ku ntoin de, ana sangaji mbojo ma ne’e lao loja, sia na ne’e eda sara’a dunia. Moti ma na’e naru wa,ur lao heko ba siaTampu’u ta  do, rongga na ta da ntuki lalo na ta di wau ra lao kai na, pala sia wati pu nggori nia na di ma lao loja heko dunia, ede para lao dula mbali sia aka uma ama na, uma ma gaga poda, sia raho do’a aka ama na, loa kiri salama lampa ra lao na,
“ma ne’e lao lampa wali ana ro?” sodi mu sangaji,
“iyo ama, mada ne’e lao lampa wali ke, mada raho do’a ta ita salama taho ra ncai ru’u mada ke” cambe ba ana sangaji.
“iyo nahu ngge’e mpa raho ku do’a ru’u ngomi ana, tabe be lao kai mu, ngge’e mpa raho ku do’a” nggahi sangaji
“De tabe wali ku lao lampa kai mu ana” sodi sangaji
“Lao lampa la ele ama, mada ne’e lao tio liro ma wontu ta ele, wa’u ra eda mu mada nci’i kai liro ta di” cambe ana sangaji
Edepa ra, ana sangaji raho na weki ru’u sadia osu ra sara’a di wa’a na kade’e sidi sidi nais. Sidi sidi ana sangaji labo ana bua na, lao lampa tiri na wontu kai liro. Labo wa’a na osu ma ncihi ru’u ade lampa ra lao kai na.ta ncai ra lampa kai na, mboto doro ma dese labo nanga ma dei di kalalo ma sia doho, labo mboto binata ma ne’e na hako ade lampa ra lao na. sawatipu lao la ele na, ru’u lao tio wontu kai liro, sia doho lao tiri na doro ma dese poda,
“kombi loa pa eda wontu liro ta ese aka” nggahi ana sangaji.
“Iyo be ru nggahi ita, tabe lao kaita ngge’e pa batu mu mada doho” cambe ma ana bua na. Mboto poda doro ma dese di kalalo ma sia doho, mboto wali binata ma ne’e na  hako, pala ana sangaji wati ntau na dahu, ba ne’e na eda wontu kai liro de. Ntoi ra
teka ra londo na doro ma dese, ede pa ra rongga lalo na sia ese wawo doro dese  poda. Doro ra rongga kai na re, doro lambitu ku ngara na. Ta wawo doro ede, sia doho maru na. loko ma hido ntoi ru da ngaha na, alum osu  ra wa’a na wau ru mpoi. “mada raho kangampu, osu ra wa,a ndai ntoin de wa’u ra mpoi, de au ku ra di ngaha ndai ke?” sodi ana mori “wi’ira, ntene mpa rumpa ta di ngaha ndai pede” cambe ana sangaji, Ede pa ra, wontu lalo taroa bura ma tanggiri kai mada ta ele ka, tu’u lalo ana  sangaji labo ana bua na. tio depa ma sia doho sampe rungka lalo warna ndadi warna kala.
“ ake liro ra ngupa ma ndai de ni, ake taho wontu liro ra da pernah eda ma ndai aka uma ta. Ake tanda kuasa ruma” nggahi ana sangaji
“iyo, pahu na,e na kuasa ruma” cambe ana mori
Ede pa ra lao dula sia doho,  rongga lalo na ta doro ma nggari fu,u haju lao ku mboto wua na. ede para kau ma  ana sangaji sanawa ana bua na ta hidi ede, ndende wali, wontu ra hido loko ma ipi  poda, sara’a ana bua na waura mapu. sara’a sarenga lalo na ta wombo fu’u haju. Ngau pa ana sangaji, anca ma sia fu,u haju labo tenaga sa  ma dawara wea, kauna ngaha ana bua na.  pala ana bua na mango wali wo’o na. ede para kau weha ma sai tako haju wadu ra dana ta kompe nduku na kai wobo kande, losa lalo mada oi ma na’e, mada oi ma losa kande tangara kai lalo oi wobo. Gaga poda doro ede, edepara nge’e lalo sia doho ta ede. Tu,u na uma ngge,e na ta doro ede.


2.2. Terjemahan Hasil Wawancara
Perkaman dari Responden Cerita Oi Wobo ini menggunakan bahasa Bima, oleh karena itu akan dilakukan dua proses terjemahan yaitu terjemahan secara harfiah dan terjemahan sesuai tata bahasa Indonesia, berikut terjemahan hasil wawancara:



2.2.1. Terjemahan Bahasa Indonesis Secara Harfiah
Ada dulu tuh, anak raja Bima yang ingin pergi jalan, yang ingin lihat semua dunia. Laut yang luas serta panjang sudah dikelilingi oleh dia. Mulai dari selatan sampai ke selatan kemudian ke barat telah ia pergi, tapi dia belum selesai niatnya untukpergi
jalan kelilingi dunia, kemudian dia pulang balik ke rumah ayahnya, rumah yang bagus, dia minta do’a sama ayahnya, bisa selamat jalan dan perginya yang ingin pergi jalan lagi anakku?” Tanya raja
Iya ayah, saya ingin pergi jalan lagi ini, saya minta do’a pada anda selamat baik dan jalan untuk saya ini” dijawab anak raja
Iya aku tinggal minta do’a untuk kamu anak, dimana pergi kamu, tinggal minta ku do’a” kata raja
“terus dimana lagi kamu pergi jalan anak” Tanya raja
“pergi jalan ke timur ayah, saya ingin pergi lihat terbit matahari di timur, sudah lihat saya terbenam matahari di barat” jawab anak raja
Kemudian, anak raja minta tubuh untuk siapkan bekal dan semua dibawa dia saat pagi pagi besok.
Pagi pagi anak raja dan prajuritnya, pergi jalan kea arah munculnya matahari. Dan bawanya bekal yang cukup untuk dalam jalan serta perginya. Dijalan untuk jalannya, banyak gunung yang tinggi dan sungai yang dalam untuk lewati mereka, dan banyak binatang yang ingin ganggu dalam jalan serta perginya. Sebelum pergi timurnya, untuk pergi lihat muncul matahari, mereka pergi kea rah gunung yang tinggi benar
“mungkin bisa lihat muncul matahri diatas sana” kata anak raja
“iya mana saja kata anda, dimana pergi anda, tetap ikut kami” jawab prajuritnya
Banyak benar gunung untuk lewati mereka, banyak lagi binatang yang ingin ganggu, tapi anak raja tidak punya takut, cuman ingin lihat munculnya matahari. Lama manjat serta turun gunung yang tinggi, kemudian sampailah merka atas puncak gunung tinggi benar. Gunug yang sampainya itu, gunung lambitu namanya. Dipuncak gunung itu, mereka tidur. Perut yang lapar lama tidak makan, karena bekal yang bawa sudah habis.
“saya minta ampun, bekal yang bawa kita dulu  sudah habis, terus apa untuk makan kita ini?”Tanya prajurit
“simpan, tetap jumpa untuk makan kita nanti” jawab anak raja,
Kemudian, muncul sudah sianar putih yang silau bikin mata di timur, bangun sudah Anak Raja dan prajuritnya. Lihat sudah terus yang mereka sampai berubah diri warna jadi warna merah
“ini matahari oleh cari kita tuh, ini baik muncul matahari yang tidak pernah lihat oleh kita di rumah. Ini tanda kuasa Tuhan” kata anak raja
“iya, betapa besarnya kuasa Tuhan” jawab prajurit
Kemudian pulag sudah mereka, sampai telah di gunung yang rindang pohondan banyak buahnya. Kemudian disuruh anak raja israhat prajurit di tempat itu. Begitu lagi, muncul lagi lapar perut yang parah benar, semua prajurit sudah lemah. Semua  telentang sudahnya dibawah pohon. Hebat anak raja, goyangkan oleh dia pohon dengan tenaganya yang tidak ada lagi, jatuhlah buah pohn itu, disuruhnya makan prajuritnya. tapi prajuritnya haus lagi lehernya. Kemudian dia mengamambil tongkat. Batu serta tanah didekat dipukul pakai tongkat tadi, keluar telah air yang besar, mata air tadi dinamakan dengan oi wobo. Karena melihat keindahan dan sumber daya alam yang ada pada gunung itu niat untuk kembali pulang ke rumah telah hilang akhirnya mereka memutuskan untuk tinggal di gunung itu.

2.2.2. Terjemahan Tata Bahasa Indonesia
Alkisah pada zaman dahulu, ada seorang pangeran dari Suku Bima yang ingin berpetualang menjelajahi seluruh dunia, laut yang luas telah ia arungi. Mulai dari selatan sampai ke utara kemudian ke barat telah ia jelajahi, namun niat dia untuk berpetualang mengelilingi dunia belumlah selesai. kemudian kembalilah ia kerumah ayahnya, rumah yang sangat bagus. Ia memohon do’a restu untuk keselamatan perjalanan kepada ayahnya.
“kamu ingin berpetualang lagi anakku?” Tanya Raja
“iya ayah, saya ingin berpetualang lagi, saya mohon do’a restumu untuk perjalanan ku ayah” jawab pangeran
“Aku selalu mendoakanmu anakku, kemanapun kamu pergi aku selalu mendoakanmu”
“kemana kamu akan berpetualang anakku” Tanya Raja
“saya akan ke timur ayah, saya ingin melihat terbitnya matahari ayah. Saya sudah melihat terbenamnya matahari dibarat “ jawab pangeran
Kemudian pangeran berpamitan untuk menyiapkan bekal dan semua keperluan didalm perjalanannya.
Pagi pagi pangeran berserta prajuritnya pergi kearah munculnya matahri. Bekal yang cukup untuk perjalanannya telah mereka siapkan. Terdapat gunung yan tinggi dan sungai yang dalam untuk mereka lewati didalam perjalanan yang harus mereka tempuh, serta banyak binatang buas yang mengganggu mereka. Sebelum ke arah timur, mereka menuju ke sebuah gunung yang sangat tinggi.
“mungkin kita bisa melihat terbinya matahari di atas sana” kata pangeran
“iya terserah apa yang anda katakana, apapun perintah tuan, pasti kami ikuti” seru prajurit
Banyak sekali gunung yang tinggiyang harus mereka lewati, semakin banyak lagi binatang yang ingin mengganggu. Tapi pangeran sama sekali tidak memilki rasa takut, saking inginnya melihat terbinya matahari. Telah lama mendaki dan menuruni gunung yang tinggi, sampailah mereka dipuncak gunung yang sangat tinggi, gunung itu danamakan gunung Lambitu. Dipuncak gunung itu merekapun tidur, namun masalahpun muncul menghampiri mereka, para prajurit merasakan lapar, karena saudah lama tidak makan, sebab bekal yang mereka bawa telah habis.
“saya mohon ampun, bekal yang kta bawa sudah habis, apa yng harus kita makan tuan?”, Tanya prajurit
“biarlah, kita tetap akan menjumpai makanan nanti” jawab pangeran
Kemudian, muncullah cahaya putih dari arah timur yang menyilaukan mata, pangernan dan prajurit pun bangun, lama mereka menyaksikan cahaya itu, sampai berubah menjadi agak kemerahan.
“inilah matahari yang kita cari, inilah terbit matahari yang tidak pernah kita lihat didesa kita. Ini tanda kebesaran tuhan” seru pangeran
“iya betapa besar kuasa tuhan” jawab prajurit
Kemudian merka pulang, dan sampailah disuah gunung yang sangat rindang dan buahnya pun banyak. Pangeran menyuruh prajuritnya untuk istrahat ditempaat itu. Masalah besar pun menimpa mereka, rasa lapar yang sangat menimpa prajurit, semua prajurit lemah tak berdaya dan mereka telentang dibawah pohon. Hebatnya pangeran, digoyangkannya pohon itu dengan sisa tenaganya. Jatuhlah pohon itu, dan prajuritpun memakan buah itu. Tidak sampai disitu, rasa hauspun menimpa mereka lagi, kemudian pangeran mengambil tongkat, dia memukul batu dan tanah yang berada disekelilingnya, dan keluarlah air yang deras, mata air itu dinamakan dengan “Oi Wobo”, yang berarti mata air yang berasal dari tongkat. Karena melihat keindahan dan sumber daya alam yang ada pada gunung itu niat untuk kembali pulang ke rumah telah hilang akhirnya mereka memutuskan untuk tinggal di gunung itu.
2.3. Analisis Struktural
Dalam cerita rakyat Bima yang berjudul Oi Wobo ini, akan dianalisis menggunakan teori structural Tzvetan Todorov, dimana ada beberapa aspek yang akan dianalisis yaitu : : (1) aspek sintaktik yang meliputi sekuen dan fungsi utama; (2) aspek semantis yang meliputi tokoh dan latar; dan (3) aspek verba/pragmatis yang meliputi sudut pandang. Berikut hasil analisis ketiga aspek tersebut:
2.3.1. Aspek Sintaktik
          Didalam analisis aspek sintaktik dari cerita rakyat Oi Wobo ini, akan dianalisis yang meliputi sekuen cerita dan fungsi utama cerita.
a. sekuen cerita
1. Penggambaran sikap dan keberanian Pangeran dari suku Bima
2. Keinginan pangeran untuk berpetualang lagi
3. Pangeran kembali kerumah ayahnya
4. Pangeran meminta doa restu dari ayahnya
5. Pangeran dan raja saling beromunikasi
6. Raja mendoakan pangeran
7. Pangeran berpamitan dari ayahnya
8. Pangeran  menyiapkan bekal dan keperluan dalam perjalanan
9. Pangeran beserta prajurit berangkat menuju arah timur
10.  Pangeran dan prajurit melewati gunung yang tinggi dan sungai yang dalam
11.  Banyak binatang buas yang mengganggu perjalanan pangeran dan prajurit
12.  Pangeran dan praurit menuju gunung yang sangat tinggi
12.1 prajurit setuju mengikuti pangeran
13.  Narasi pangeran yang tidak memiliki rasa takut
14.  Pangeran dan prajurit sampai dipuncak gunung yang sangat tinggi
15.  Pangeran dan prajurit berisstahat dipuncak gunug
16.  Pangeran dan prajurit kehabisan bekal
17.  Prajurit merasa lapar
18.  Pangeran dan prajurit bangun dari tidur
19.  Pangeran dan prajurit menyaksikan cahaya putih yang menyilaukan mata
20.  Pangeran dan prajurit pulang
21.  Pangeran dan prajurit sampai digunung yang sangat rindang
22.  Pangeran menyuruh prajurit untuk istrahat
23.  Prajurit sangat merasa lapar
24.  Prajurit telentang dan lemasa dibawah pohong karena sangat lapar
25.  Pangeran menggoyangkan pohon hingga buah jatuh
26.  Prajurit memakan buah
27.  Prajurit merasa haus
28.  Pangeran mengambil tongkat
29.  Pangeran memukul batu dan tanah disekelilingnya
30.  Niat Pangeran dan prajurit untuk kembali ke rumah telah hilang
31.  Pangeran dan prajurit tinggal di gunung lambitu


b. Fungsi Utama
berikut fungsi-fungsi utama yang membawa dan menjalankan alur cerita
1. Pangeran yang sangat menyukai berpetualang.
2. Pangeran kembali kerumah untuk memimta doa restu untuk keselamatan dari ayahnya.
3. Pangeran dan ayahnya berbicara.
4. Raja berkata bahwa ia selalu memohon doa keselamatan untuk anaknya.
5. Pangeran beserta prajuritnya pergi berpetualang kearah timur.
6. Pangeran dan prajurit menuju gunung yang sangat tinggi.
7. Pangeran sampai diatas puncak gunugn yang sangat tinggi.
8. Pangeran dan prajurit menyaksikan cahaya dari timur yang menyilaukan mata.
9. Pangeran dan prajurit menempuh jalan pulang kerumah.
10.  Pangeran dan prajurit sampai di ginung yang sangat ridang.
11.  Prajurit lemah dan tak berdaya karena sangat merasa lapar.
12.  Pangeran menolong prajurit dengan memberikan buah-buahan.
13.  Prajurit merasa sangat haus karena telah makaan buah yang banyak.
14.  Pangeran memukul tanah dan batu disekitarnya, sehingga keluarlah mata air.
15.  Pangeran dan prajurit tinggal di gunung Lambitu.
2.3.2. Aspek Semantik
          Dalam analisis aspek semantik cerita Oi Wobo ini, akan digunakan dua proses analisis yaitu; tokoh dan latar, berikut sajian proses analisis semantik:
a. Tokoh
          tokoh adalah sosok penggerak didalam sebuah cerita, tokoh mermiliki peran penting dalam cerita, dimana sosok tokoh memiliki perannya masing-masing sesuai dengan sifat dan karakternya, berikut analisis tokoh dalam cerita rakyat Oi Wobo;
1. Pangeran
          Pangeran adalah sosok tokoh pemberani, kuat, dan baik hati.
-          Pemberani, dalam cerita ini, pangeran adalah sosok tokoh pemberani dimana ia melewati semua rintangan yang mengahadang demi mencapai tujuannya, seperti dalam kutipan cerita berikut;

Banyak sekali gunung yang tinggiyang harus mereka lewati, semakin banyak lagi binatang yang ingin mengganggu. Tapi pangeran sama sekali tidak memilki rasa takut, saking inginnya melihat terbinya matahari.

-          Kuat, dalam cerita ini, selain pemberani, ia juga adalh sosok yang kuat, dimana ia diceritakan melewati gunung-gunung yang tinggi, dan juga pada saat prajurinya lemah tak berdaya karena rasa lapar yang sangat, namun pangeran masih bisa membantu prajuritnya dengan mennguyangkan pohon agar buah yang jatuh bisa dimakan oleh prajurit, seperti dalam kutipan cerita berikut;
semua prajurit lemah tak berdaya dan mereka telentang dibawah pohon. Hebatnya pangeran, digoyangkannya pohon itu dengan sisa tenaganya. Jatuhlah pohon itu, dan prajuritpun memakan buah itu.

-          Baik hati, dalam cerita ini pangeran juga memiliki watak yang baik hati, dimana ia sangat bersikap baik terhadap prajuritnya, dalam cerita ini dia membantu prajuritnya walau ia juga sedang kesusahan. Sepeerti dalam kutipan cerita berikut;
digoyangkannya pohon itu dengan sisa tenaganya. Jatuhlah pohon itu, dan prajuritpun memakan buah itu. Tidak sampai disitu, rasa hauspun menimpa mereka lagi, kemudian pangeran mengambil tongkat, dia memukul batu dan tanah yang berada disekelilingnya, dan keluarlah air yang deras.

2. Raja (ayah pangeran)
        Raja (ayah pangeran) adalah sosok tokoh yang selalu perhatian terhadap anaknya, dimana ia selalu mendoakan anaknya ketika anaknya sedang dalam petualang, sesuai dalam kutipan cerita berikut;
“kamu ingin berpetualang lagi anakku?” Tanya Raja
“iya ayah, saya ingin berpetualang lagi, saya mohon do’a restumu untuk perjalanan ku ayah” jawab pangeran
“Aku selalu mendoakanmu anakku, kemanapun kamu pergi aku selalu mendoakanmu”


3. Prajurit
        Didalam cerita ini, prajurit digambarkan sebagai sosok tokoh yang berwatak setia terhadap pemimpinnya, apapun dan kemanapun kehendak dari Pangeran akan selalu mereka ikuti, seperti dalam kutipan cerita berikut;
Pagi pagi pangeran berserta prajuritnya pergi kearah munculnya matahri. Bekal yang cukup untuk perjalanannya telah mereka siapkan. Terdapat gunung yan tinggi dan sungai yang dalam untuk mereka lewati didalam perjalanan yang harus mereka tempuh, serta banyak binatang buas yang mengganggu mereka. Sebelum ke arah timur, mereka menuju ke sebuah gunung yang sangat tinggi.
“mungkin kita bisa melihat terbinya matahari di atas sana” kata pangeran
“iya terserah apa yang anda katakana, apapun perintah tuan, pasti kami ikuti” seru prajurit.

b. Latar
          Latar adalah penggambaran suatu bentuk peristiwa diluar acting dari para tokoh, latar terbagi atas beberapa bagian, yaitu latar tempat, latar waktu dimana pembaca akan mengetahui diamana, dan kapan cerita itu berlangsung. Latar tempat dalam cerita Oi Wobo ini yaitu di istana Kerajaan Bima, dimana ia kembali ke istana untuk memohon doa restu untuk keselamatan dalam petualangannya. Dalam cerita ini selain di Istana, ada juga tempat yang lain yaitu hutan dan gunung, dimana diceritakan petualangan pangeran  bersama prajuritnya, untuk menemukan terbitnya matahari yang belum pernah meraka lihat, mereka melewati gunung yang tinggi, dan ketika sampai, mereka beristirahat di gunung itu.




BAB 3
PENUTUP
3.1. Simpulan
            Setelah dilakukan penganalisisan Cerita rakyat Oi Wobo yang berasal dari Bima ini, dapat tarik beberapa kesimpulan yaitu; Cerita rakyat Oi wobo ini memiliki alur maju dimana cerita dimulaidari keinginan pangeran untuk berpetualang menemukan terbitnya matahari kearah timur, sampai cerita berakhir dengan berhasilnya pangeran menemukan apa yang dia cari. Cerita rakyat Oi Wobo ini memiliki beberapa tokoh yaitu pangeran yang memiliki sifat pemberani, kuat dan baik hati. Tokoh kedua yaitu ayah dari pangeran yang memiliki sifat baik hati dan selalu perhatian terhadap anaknya. Tokoh ketiga yaitu prajurit yang meiliki sifat setia terhadap majikannya.
            Ada beberapa nilai yang dapat di petik dari cerita Oi Wobo ini yaitu, pertama: siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan apa yang telah diushakan, kedua: dengan memiliki tekad yang kuat terhadap sesuatu, tidak akan ada yang mampu menghalangi, gunungpun aka runtuh jika memiliki tekad yang kuat seperti Pangeran didalam cerita rakyat ini.



Lampiran:]
Biodata Responden
Nama   :
TTL     :
Alamat:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH DRAMA

Makalah Penalaran

Rahasia Angka dalam Al Quran